KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

oleh : Dadan Wahidin

  1. Hakekat pengelolaan kelas

1. pengertian

Pengelolaan kelas (classroom management) berdasarkan pendekatannya menurut weber (1977) diklasifikasikan kedalam tiga pengertian, yaitu berdasarkan pendekatan otoriter (autorityapproach), pendekatan permisif (permissive approach) dan pendekatan modifikasi tingkah laku. Berikut dijelaskan pengertian masing-masing pendekartan tersebut,

Pertama, berdasarkan pendekatan otoriter ( authority approach) pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa, guru berperan menciptakan dan memelihara aturan kelas melalui penerapan disiplin secara ketat (weber)

Kedua, pendekatan permisif mengartikan pengelolaan kelas `adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk memberi kebebasan kepada siswa untuk melakukan berbagai aktifitas sesuai dengan yang mereka inginkan. Dan fungsi guru adalah bagaimana menciptakan kondisi siswa merasa aman untuk melakukan aktifitas di dalam kelas.

Ketiga, pendekatan modifikasi tingkah laku. Pendekatan ini didasarkan pada pengelolaan kelas merupakan proses perubahan tingkah laku, jadi pengelolaan kelas merupakan upaya untuk mengembangkan dan memfasilitasi perubahan prilku yang bersifat positif dari siswa dan dan berusaha semaksimal mungkin mencegah munculnya atau memperbaiki prilaku negative yang dilakukan oleh siswa

2. pengelolaan dan pembelajaran

pengelolaan dan pembelajaran dapat dibedakan tetapi memiliki fungsi yang sama. Pengelolaan penekanannya pada aspek pengaturan (management) lingkungan pembelajaran. Sementara pembelajaraan (instruction) penekanannya pada aspek mengelola atau memproses materi pembelajaran. Dan keduanya men capai tujuan yang sama yaitu tujuan pembelajaran.

  1. komponen – komponen pengelolaan kelas

untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran, maka unsure-unsur pengelolaan meliputi dua tindakan yaitu:

1. Model tindakan

a) Preventif; yaitu upaya sedini mungkin yang dilakukan oleh guru untuk mencegah terjadinya gangguan dalam pembelajaraan.

1) Tanggap /peka, yaitu kemampuan guru merespon terhadap prilaku atau aktifitas yang dianggap akan mengganggu pembelajaraan.

2) perhatiaan, selalu mencurahkan perhatian pada berbagai aktivitas, lingkungan maupun segala sesuatu yang muncul.

b) refresif,kemampuan guru untuk mengatasi, mencari dan menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam lingkungan pembelajaraan.

c) modifikasi tingkah laku.

· Modifikasi tingkah laku,yaitu bahwa tingkah laku dapat diamati.

· Pengelolaan kelompok, yaitu untuk menangani permasalahan hendaknya dilakukan secara kolaborasi dan mengikutsertakan berbagai komponen atau unsure yang terkait.

· Diagnosis, yaitu suatu keterampilan untuk mencari unsure-unsur yang akan menjadi penyebab gangguan maupun unsure-unsur yang akan menjadi kekuatan bagi peningkatan proses pembelajaraan.

2. peran guru

a. mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap lingkungannya.

b. Membangun pemahaman siswa agar mengerti dan menyesuaikan tingkah lakunya dengan tata tertib kelas.

c. Menimbulkan rasa berkewajiban melibatkan diri dalam tugas serta tingkahlaku yang sesuai dengan aktivitas kelas.

3. Hal-hal yang harus dihindari

  1. campur tangan yang berlebihan
  2. kesenyapan
  3. ketidak tepatan
  4. penyimpangan
  5. bertele-tele.

MERANCANG LATIHAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN MIKRO

  1. tahapa-tahapan kegiatan
    1. observasi kelas

padatahapan ini intinya meminta ijin untuk melihat kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dan kegiatan anda hanya untuk mengamati saja, duduk ditempat yang tidak mengganggu konsertasi siswa.

    1. menetapkan jenis keterampilan yang akan dilatihkan

pilih salah satu keterampilan dasar mengajar yang mana yang akan dilatihkan oleh anda.

    1. konsultasi dengan pembimbing atau pihak supervisor

setelah menetapkan keterampilan dasar mengajar yang akan dilatih, terlebih dahulu berkonsultasilah dengan pembimbing, supervisor atau orang-orang yang sudah berpelngalaman dalam hal tersebut.

    1. membuat perencanaan pembelajaran mikro

untuk melancarkan kegiatan tersebut, anda harus membuat perencanaan pembelajaran secara tertulis. Lihat BBM 5 kegiatan belajar ke-3.

    1. pembagian tugas kelompok

pelaksanaan keterampilan dasar mengajar melalui pendekatan pembelajaran mikro, biasanya menggunakan kelompok yang terdiri dari 7 s.d 8 orang yang masing – masing tuganya 1 orang sebagaiguru, 5 orang sebagai murid, dan sisanya sebagai observer.

    1. praktek dalam pembelajaran mikro

Suatu hal yang selalu harus diperhatiakan, dalam pelaksanaan latihan pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran mikro, pada intinya adalah “mengajar sebenarnya” hanya bukan pada situasi nkelas pembelajaran sebenarnya. Oleh karena itu peru kedisiplinan setiap anggotanya dalam menjalankan perannya masing-masing.

  1. Evaluasi dan tindak lanjut

Tujuan evaluasi disini adalah untuk mendapatkan masukan (umpan balik) terutama bagi setiap peserta yang berlatih, kelebihan dan kekurangan serta komentar dari pihak yang mengobservasi.

Dalam proses evaluasi ini meliputi tiga kegiatan yaitu.

  1. pemutaran ulang

pemutaran ulang dilakukan terutama bila dalam proses latihan menggunakan alat perekam kamera video.

  1. komentar/diskusi umpan balik

Dalam tahapan ini tidak hanya kekuranganya saja dari latihan tersebut tetapi juga hal-hal yang sudah diangap baikpun disampaikan, dddengan demikian hendaknya komentar bersifat seimbang.

  1. tindak lanjut

Dalam hal ini setelah

7 responses to this post.

  1. Posted by masbahar on November 8, 2008 at 11:29 pm

    Tolong minta dikirimi makalah ini lengkap ke e-mail saya

    Balas

  2. Posted by salim on Desember 30, 2008 at 4:57 am

    knp ngk semua isi makalahnya di buat.buat isi makalah selengkapnya ya…

    Balas

  3. Posted by puput on Februari 1, 2009 at 3:08 am

    TOLONG kirim makalah ini yang lengkap dong saya sangat butuh di tunggu secepatnya

    Balas

  4. Posted by Asep Sapudin on Februari 8, 2009 at 6:13 am

    Makalahnya SIIIIIIIIIIP tapi sayang ga lengkap, lengkapi donk

    Balas

  5. Posted by idris on Februari 12, 2009 at 1:53 am

    salam
    hebat bangat tuk sahabat ku ini semua lengkap
    terimakasih

    Balas

  6. Posted by Ancruk on Maret 2, 2009 at 2:48 am

    Makalah Bagus, mohon dikirimin edisi lengkap makalah ini ke email saya.
    Terimakasih sebelumnya

    Balas

  7. Posted by TUAH on Maret 18, 2009 at 4:21 am

    THANKS ATAS MAKALAHNYA TOLONG DIBUAT LEBIH LENGKAP. ok

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: